Selasa, 07 Agustus 2012

Akuisasi

Apakah Anda tadi membaca judul tulisan ini sebagai 'Akuisisi'? Oh, bukan, bukan, judul yang saya tuliskan bukan merupakan kesalahan. Yang saya maksud memang 'Akusasi'

Sebenarnya ini hanya mengingatkan diri sendiri. Guru Bahasa Indonesiaku semasa SMA pernah mengucapkan kata itu. Akuisasi adalah penggunaan kata aku yang sebenarnya telah dapat digantikan dengan akhiran -ku. Misal :

"Ini pensil aku" yang sebenarnya dapat diucapkan "Ini pensilku".

Kalau kita sering mengamati, di stasiun-stasiun televisi yang sering kita tonton akuisasi sering muncul di sinetron remaja (saya enggak hapal judul-judulnya). Jadi secara langsung maupun tidak langsung, televisi kita telah mengajarkan kepada kita akuisasi, yaitu penggunaan kata 'aku' yang berlebihan.

Kalau muncul pertanyaan apakah akuisasi ini baik atau tidak, ini hanyalah masalah selera berbahasa kita. Saya sendiri lebih senang menggunakan kaidah yang telah ada.

Saya bukanlah pengamat bahasa maupun sinetron remaja (atau televisi pada umumnya). Saya menulis ini karena saya ingin mengabadikan istilah ini dalam sebuah tulisan. Saya juga tidak peduli apakah istilah ini (hendak) diakui atau tidak oleh pusat bahasa.

0 comments:

Posting Komentar