Senin, 31 Oktober 2011

Download Video di Youtube dengan Google Chrome atau Chromium di BlankOn

Terkadang ketika kita menonton video di Youtube kita merasa tertarik dan ingin mendownload video tersebut untuk ditonton dilain waktu. Alasan yang paling mendasar untuk kita mendownload adalah keterbatasannya bandwidth yang kita miliki. Jika seandainya bandwidth yang kita miliki melimpah, dan selalu tersedia setiap saat kita mungkin bisa menghemat space HDD dengan cukup menontonnya secara online di internet. 

Berikut saya tuliskan sedikit tentang cara mendownload video di youtube dengan menggunakan Google Chrome/Chromium pada dasarnya kedua browser ini sama.

Pertama buka link berikut : http://flaviobayer.no-ip.org/YouTubeDownloader/

FYI... pada link tersebut juga tersedia ekstensi yang sama untuk browser yang lain yaitu opera dan firefox.

Download ekstensi untuk Google Chromenya penampakannya sebagai berikut :

Klik tombol lanjutkan yang ada di bawah, seperti pada gambar.

Kemudian Anda akan diminta konfirmasi untuk menginstall ekstensi tersebut, klik pasang 

Setelah selesai proses instalasi (biasanya tidak akan memakan banyak waktu, tak lebih dari 5 menit), coba tutup browser dan buka lagi. Ini bertujuan agar ekstensi yang telah kita pasang dapat diload saat browser dibuka. Kemudian masuk ke http://www.Youtube.com, buka salah satu video yang hendak diputar/didownload

Tinggal klik tombol download yang ada di bawah video, pilih format FLV atau MP4 agar lebih mudah diputar setelah selesai didownload. Simpan video di lokasi yang kita inginkan. Selamat, sekarang Anda dapat mendownload video dari youtube. 

Postingan ini saya dedikasikan utamanya untuk kang Wibowo, yang kemarin "keracunan", semoga mudah dipahami dan dapat bermanfaat.

Minggu, 30 Oktober 2011

Ngoprek Semalam, Dua Orang Keracunan

Sore hari ponselku berdering, ternyata seorang yang belum kukenal berniat untuk datang ke kantorku (wua ha ha ha... kayak kantor beneran :D). Saya tidak melakukan persiapan apapun, karena saya sendiri juga belum yakin dia akan benar-benar datang, apalagi kondisi sore itu sedikit gerimis. Kang Ahmad Bahaullah membawa serta kedua temannya. Tepat adzan maghrib mereka sampai, sebelum melakukan apapun memang sebaiknya selesaikan dulu kewajiban kita :D.

Kehadiran mereke tentu saja saya sambut dengan senang hati. Karena tentu saja saya pasti akan mendapat ilmu dan pengalaman baru, apalagi setahu saya mereka itu anak 'kuliahan' sedangkan saya gelandangan enggak karuan (wua ha ha ha..). Oh, saya tidak tahu bagaimana cara menceritakannya!

Kebetulan di sebelah ada penjual siomay, mereka membelikan saya sepiring dan kami makan siomay bersama. Lho kok acaranya jadi makan-makan ya? :D. Setelah kejadian ini dua di antara kami ada yang keracunan, karena mereka membawa laptop mereka ingin laptop mereka diinstall Linux, karena saya punya repository Ombilin maka saya installkan Ombilin agar lebih mudah dan cepat dalam penambahan aplikasi.

Berikut penampakannya :

Saya berharap, ini adalah awal perkembangan Linux di lingkungan Sidareja dan sekitarnya. Maaf, mungkin kata-kata yang saya sampaikan tidak enak untuk dibaca karena saya bukan sastrawan :D

Jumat, 14 Oktober 2011

Revolution OS - Film Dokumenter Linux

Revolution OS adalah sebuah film dokumenter yang mengisahkan sejarah tentang GNU, Linux, dan open source (sumber terbuka) dan gerakan free software (perangkat lunak bebas). Film ini menampilkan beberapa wawancara dengan beberapa hacker terkemuka dan para pengusaha (dan hacker-cum-entrepreneurs), termasuk Richard Stallman, Michael Tiemann, Linus Torvalds, Larry Augustin, Eric S. Raymond, Bruce Perens, Frank Hecker, dan Brian Behlendorf.

Film ini dimulai di res media dengan IPO, dan kemudian menetapkan tahap sejarah dengan menunjukkan awal dari perkembangan perangkat lunak belakangan hari ketika perangkat lunak dibagi pada kertas dengan harga dari kertas itu sendiri. Hal ini kemudian memancing Bill Gates untuk menulis Open Letter to Hobbyists yang mana dia meminta kepada Penghibi Komputer (Computer Hobbyists) untuk tidak berbagi, tapi untuk membeli perangkat lunak. (Surat ini ditulis oleh Bill Gates ketika Microsoft masih berpusat di Arizona dan masih dieja "Micro-Soft".)

Richard Stallman kemudian menjelaskan bagaimana dan mengapa dia meninggalkan Lab MIT ke Artifical Intelligence untuk mencurahkan seluruh hidupnya untuk mengembangkan perangkat lunak bebas, sebgaimana dia memulai proyek GNU. Linus Torvalds diwawancarai pada perkembangan Linux Kernel sebagaimana pada kontroversi nama GNU/Linux dan evolusi Linux di masa mendatang, termasuk komersialisasinya. Richard Stallman mengungkapkan beberapa aspek ideologi open source vis-รก-vis komunisme and kapitalisme sebagaimana pada beberapa aspek pengembangan GNU/Linux.

Michael Tiemann (diwawancarai pada sebuah padang/gurun pasir) menceritakan bagaimana dia bertemu dengan Stallman dan mendapatkan versi awal GCC milik Stallman dan menemukan solusi Cygnus. Larry Augustin menceritakan bagaimana ia gabungan perangkat lunak GNU yang dihasilkan dan PC biasa untuk membuat Workstation UNIX-like yang harganya sepertiga harga sebuah workstation oleh Sun Microsystems meskipun itu tiga kali lebih kuat.

Narasinya meliputi awal berurusan dengan pemodal ventura, akhirnya kapitalisasi dan komodifikasi dari Linux untuk perusahaan sendiri, VA Linux, dan berakhir dengan IPO. Frank Hecker dari Netscape menceritakan bagaimana eksekutif Netscape merilis kode sumber untuk browser Netscape, salah satu sinyal peristiwa yang membuat kekuatan Open Source yang harus diperhitungkan oleh eksekutif bisnis, media mainstream, dan masyarakat pada umumnya.

http://topdocumentaryfilms.com/revolution-os/

Artikel ini hanyalah merupakan terjemahan bebas dari saya yang saya ambil dari topdocumentaryfilms.com. Jika Anda menemukan kesalahan dalam terjemahan saya, mohon berkenan untuk memberikan masukan dan saran melalui komentar. Sebelumnya mau saya terbitkan di blog wordpress saya. Tapi setelah saya pertimbangkan akan lebih baik jika di sini karena beberapa hal. Pertama wordpress tidak dapat meng-'embed' video secara langsung, apalagi hanya wordpress gratisan. Sedangkan alasan kedua adalah untuk mengisi kekosongan posting blog yang baru dibuat.
Jika Anda hendak mendownload video ini, silahkan gunakan downloadhelper atau yang lainnya. Atau jika Anda memiliki koneksi internet yang melimpah Anda juga dapat menontonnya secara online :


~Selamat Menonton~

Kamis, 13 Oktober 2011

Domain Baru - Semangat Baru

Alhamdulillahhirobbil 'alamiin... Akhirnya terwujud juga keinginan saya memiliki domain sendiri. Setelah beberapa hari yang lalu sempat tidak bisa tidur karenanya.
Saya ucapkan banyak terima kasih kepada pak Andi Micro dan Ahmad Fauzi yang telah bersedia membantu dan menyemangati saya hingga terwujudnya 'impian' saya ini. Meski sempat terkendala http://www.blogger.com nyangkut di proksi jaringan warnet saya dan saya terpaksa harus lari ke warnet tetangga saya untuk melakukan kostumisasi dan juga sekalian checkout ke toko.baliwae.com yang kebetulan sama sama nyangkut di proksi (proxy). Yang saya maksud nyangkut adalah ketika saya membuka alamat http://www.blogger.com kondisinya selalu sudah login dengan akun orang lain. Sedangkan pada kasus baliwae, saat hendak checkout kuantiti barang tidak mau berubah meskipun sudah direfresh ratusan kali, dan kemungkinan masih banyak web lain yang nyangkut di proksi yang sebenarnya tidak nyaman untuk browsingan.
Sekarang saya malah bingung blog yang baru ini mau diisi apa. Tetapi yang jelas, saya berusaha akan membuat konten yang eksklusif. Artinya semua konten yang ada di blog ini adalah murni karya saya dan bukan hasil kopas dari web lain. Kalaupun terpaksa kopas, tentunya pranala ke web/blog lain akan selalu saya cantumkan.
Berikut ini alamat blog saya yang lain :