Jumat, 14 Oktober 2011

Revolution OS - Film Dokumenter Linux

Revolution OS adalah sebuah film dokumenter yang mengisahkan sejarah tentang GNU, Linux, dan open source (sumber terbuka) dan gerakan free software (perangkat lunak bebas). Film ini menampilkan beberapa wawancara dengan beberapa hacker terkemuka dan para pengusaha (dan hacker-cum-entrepreneurs), termasuk Richard Stallman, Michael Tiemann, Linus Torvalds, Larry Augustin, Eric S. Raymond, Bruce Perens, Frank Hecker, dan Brian Behlendorf.

Film ini dimulai di res media dengan IPO, dan kemudian menetapkan tahap sejarah dengan menunjukkan awal dari perkembangan perangkat lunak belakangan hari ketika perangkat lunak dibagi pada kertas dengan harga dari kertas itu sendiri. Hal ini kemudian memancing Bill Gates untuk menulis Open Letter to Hobbyists yang mana dia meminta kepada Penghibi Komputer (Computer Hobbyists) untuk tidak berbagi, tapi untuk membeli perangkat lunak. (Surat ini ditulis oleh Bill Gates ketika Microsoft masih berpusat di Arizona dan masih dieja "Micro-Soft".)

Richard Stallman kemudian menjelaskan bagaimana dan mengapa dia meninggalkan Lab MIT ke Artifical Intelligence untuk mencurahkan seluruh hidupnya untuk mengembangkan perangkat lunak bebas, sebgaimana dia memulai proyek GNU. Linus Torvalds diwawancarai pada perkembangan Linux Kernel sebagaimana pada kontroversi nama GNU/Linux dan evolusi Linux di masa mendatang, termasuk komersialisasinya. Richard Stallman mengungkapkan beberapa aspek ideologi open source vis-รก-vis komunisme and kapitalisme sebagaimana pada beberapa aspek pengembangan GNU/Linux.

Michael Tiemann (diwawancarai pada sebuah padang/gurun pasir) menceritakan bagaimana dia bertemu dengan Stallman dan mendapatkan versi awal GCC milik Stallman dan menemukan solusi Cygnus. Larry Augustin menceritakan bagaimana ia gabungan perangkat lunak GNU yang dihasilkan dan PC biasa untuk membuat Workstation UNIX-like yang harganya sepertiga harga sebuah workstation oleh Sun Microsystems meskipun itu tiga kali lebih kuat.

Narasinya meliputi awal berurusan dengan pemodal ventura, akhirnya kapitalisasi dan komodifikasi dari Linux untuk perusahaan sendiri, VA Linux, dan berakhir dengan IPO. Frank Hecker dari Netscape menceritakan bagaimana eksekutif Netscape merilis kode sumber untuk browser Netscape, salah satu sinyal peristiwa yang membuat kekuatan Open Source yang harus diperhitungkan oleh eksekutif bisnis, media mainstream, dan masyarakat pada umumnya.

http://topdocumentaryfilms.com/revolution-os/

Artikel ini hanyalah merupakan terjemahan bebas dari saya yang saya ambil dari topdocumentaryfilms.com. Jika Anda menemukan kesalahan dalam terjemahan saya, mohon berkenan untuk memberikan masukan dan saran melalui komentar. Sebelumnya mau saya terbitkan di blog wordpress saya. Tapi setelah saya pertimbangkan akan lebih baik jika di sini karena beberapa hal. Pertama wordpress tidak dapat meng-'embed' video secara langsung, apalagi hanya wordpress gratisan. Sedangkan alasan kedua adalah untuk mengisi kekosongan posting blog yang baru dibuat.
Jika Anda hendak mendownload video ini, silahkan gunakan downloadhelper atau yang lainnya. Atau jika Anda memiliki koneksi internet yang melimpah Anda juga dapat menontonnya secara online :


~Selamat Menonton~

1 comments:

Poskan Komentar