Senin, 31 Oktober 2011

Download Video di Youtube dengan Google Chrome atau Chromium di BlankOn

Terkadang ketika kita menonton video di Youtube kita merasa tertarik dan ingin mendownload video tersebut untuk ditonton dilain waktu. Alasan yang paling mendasar untuk kita mendownload adalah keterbatasannya bandwidth yang kita miliki. Jika seandainya bandwidth yang kita miliki melimpah, dan selalu tersedia setiap saat kita mungkin bisa menghemat space HDD dengan cukup menontonnya secara online di internet. 

Berikut saya tuliskan sedikit tentang cara mendownload video di youtube dengan menggunakan Google Chrome/Chromium pada dasarnya kedua browser ini sama.

Pertama buka link berikut : http://flaviobayer.no-ip.org/YouTubeDownloader/

FYI... pada link tersebut juga tersedia ekstensi yang sama untuk browser yang lain yaitu opera dan firefox.

Download ekstensi untuk Google Chromenya penampakannya sebagai berikut :

Klik tombol lanjutkan yang ada di bawah, seperti pada gambar.

Kemudian Anda akan diminta konfirmasi untuk menginstall ekstensi tersebut, klik pasang 

Setelah selesai proses instalasi (biasanya tidak akan memakan banyak waktu, tak lebih dari 5 menit), coba tutup browser dan buka lagi. Ini bertujuan agar ekstensi yang telah kita pasang dapat diload saat browser dibuka. Kemudian masuk ke http://www.Youtube.com, buka salah satu video yang hendak diputar/didownload

Tinggal klik tombol download yang ada di bawah video, pilih format FLV atau MP4 agar lebih mudah diputar setelah selesai didownload. Simpan video di lokasi yang kita inginkan. Selamat, sekarang Anda dapat mendownload video dari youtube. 

Postingan ini saya dedikasikan utamanya untuk kang Wibowo, yang kemarin "keracunan", semoga mudah dipahami dan dapat bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar